Selasa, 26 Februari 2013

Tato | Sejarah Tato

Tato atau istilah kerennya Body painting memiliki    nilai sejarah yang tingi, yang berasal dari  berbagai  tradisi dan ritual dari berbagai belahan dunia.  Pada masyarakat adat ertentu – Suku Dayak – misalnya. Tato memiliki  nilai nilai ritual tertentu. Pada zaman dulu, para wanita pada suku Dayak  menggunakan Tato sebagai  tanda keterampilan tertentu.dan  juga digunakan  sebagai  cara untuk menghindari diri dari penyakit, dimana  simbol tersebut diletakkan /digambarkan pada  lengan atau pada jari jari tangan.  Bentuk budaya ini  juga digunakan  sebagai symbol dari suatu marga atau suku pada masyarakat tertentu
Pembuatan  gambar   pada tubuh  memiliki tujuan tujuan yang berbeda beda dari masing masing budaya . Menurut penelitian  budaya ini  awalnya berasal dari Mesir selama masa piramida., meskipun banyak yang percaya bahwa  Tato lebilh lama dari masa itu. Mayarakat mesir pada masa itu menggunakannya sebagai  tanda bagi para budak dan tawanan. Sekitar  tahun 2000 sebelum masehi, Seni menggambar tubuh selanjutnya berkembang ke Cina dan Yunani, di mana masyarakat Yunani  mengunakan nya  sebagai alat komunikasi diantara para mata mata.
-->
Masyarakat barat juga mengenal Tato, meskipun pada awalnya bentuk ini tidak diterima. Wiliam Dampher adalah orang yang memperkenalkan  seni ini  kepada masyarakat barat dengan  mengadakan pameran  mengenai Tato selama tahun 1961. Chatham Square, yang terletak di kota New York, merupakan  tempat pertama  bagi Tato gaya Amerika. Di tempat inilah  Samuel O-Reily mendirikan toko Tato dan menjadi orang pertama yang menggunakan  alat listrik untuk membuat Tato.